Bimtek DPRD Tentang Pelaksanaan Fungsi DPRD

0
7

Bimtek DPRD Tentang Pelaksanaan Fungsi DPRD

Bimtek DPRD Tentang Pelaksanaan Fungsi DPRD

Indonesia, sebagai negara demokrasi, membagi fungsi DPRD dalam tiga bagian. Ketiga fungsi DPRD adalah fungsi legislasi, fungsi pengawasan, serta fungsi anggaran. Perwujudan dari fungsi DPRD tersebut telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Fungsi-fungsi tersebut harus benar-benar dipahami untuk menunjang keberlangsungan yang efektif. Menyangkut materi pedoman pelaksnaan fungsi-fungsi DPRD, pelatihan Bimtek DPRD umumnya menjabarkan materi tersebut. Seperti yang telah disebutkan, fungsi DPRD terbagi menjadi tiga fungsi. Setiap fungsi-fungsi tersebut memainkan peran penting dalam pelaksanaan DPRD sebagai badan legislatif negara. Berikut adalah fungsi fungsi DPRD yang dijabarkan dalam materi Bimtek DPRD.

1. Fungsi Legislasi

Secara struktural, DPRD merupakan badan legislasi negara. Maka dari itu DPRD memiliki fungsi legislasi yang diemban. Fungsi legislasi adalah kewenangan dalam memuat peraturah daerah yang bentuk konkritnya adalah memulai lahirnya rancangan peraturan daerah serta mengkaji (dalam hal ini menyetujui atau menolak) rancangan yang diusulkan oleh badan eksekutif.

2. Fungsi Anggaran

Fungsi anggaran dari yang dimiliki DPRD adalah fungsi dalam wewnang untuk menyetujui atau menolak serta menetapkan rencana APBD menjadi APBD. APBD merupakan dokumen penting negara yang memuat kebijakan pemerintah yang berpengaruh dalam menentukan prioritas serta arah kebijakan selama satu tahun anggaran.

Melalui APBD, hal-hal seperti kepada kelompok mana pemerintah berpihak dapat diidentifikasi. APBD juga menjelaskan tentang untuk kegiatan apa pemerintah bertindak

3. Fungsi Pengawasan

DPRD memiliki kewenagan untuk memberikan pengawasan terhadap pelaksanaan APBD, kebijakan kinerja pemerintah, kerjasama internasional, peraturan daerah dan perutan lainnya melalui fungsi pengawasan yang dimiliki. DPRD berperan sebagai salah satu pilar utama dalam pemerintah, maka dari itu DPRD diharapkan untuk mampu mendorong kemajuan pelayanan publik.

Bimtek DPRD Tentang Pelaksanaan Fungsi DPRD

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme pejabat pemerintah daerah, maka Pusat Diklat Keuangan dan Pemerintahan Dalam Negeri (PDK-PDN), menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Keuangan dengan Narasumber yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, dari Badan Koordiansi Penanaman Modal, Badan Kepegawaian Negara, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Lembaga Administrasi Negara, Kementerian Keuangan, BAPPENAS, BPK RI, BPKP Pusat, Kementerian Dalam Negeri dan IPDN serta dari UNIVERSITAS.

Kami juga menerima Request atau Permintaan Materi Bimtek, Jadwal/Tanggal maupun Tempat Penyelenggaraan Bimtek sesuai keingingan para peserta bimtek.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk acara bimbingan teknis, pendidikan dan pelatihan maupun sosialisasi program serta undang-undang pemerintah di Bidang Keuangan.

Atas perhatiannya PDK-PDN mengucapkan terimakasih.

Jadwal Bimtek Desa Tentang Penatausahaan Keuangan Desa

 

[contact-form-7 404 "Not Found"]

N0  HOTEL KOTA
1 OASIS AMIR JAKARTA
2 IBIS TRANS STUDIO BANDUNG
3 EDEN KUTA BALI
4 ABADI JOGJA YOGYAKARTA
5 NAGOYA PLASA BATAM
6 GOLDEN PALACE LOMBOK
7 IBIS CITY CENTER MAKASSAR
8 TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
9 ARIA GAJAYANA MALANG

 

Informasi :

Konfirmasi /Pendaftaran dapat menghubungi Contact Person, 3 hari sebelum pelaksanaan pelatihan
Biaya Kontribusi untuk satu pelaksanaan Pelatihan sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Biaya yang tercantum sudah termasuk : penginapan selama 4 hari 3 malam, modul, tas, materi/makalah, FD materi, sertifikat dan konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung

Kami melayani permintaan kegiatan di luar daerah dengan waktu/tempat dan materi yang disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 7 orang peserta).

pusatbimtekpemda.id

Bimtek KeuanganBimtek Keuangan DaerahBimtek Keuangan