Bimtek Keuangan Daerah

0
2

Bimtek Keuangan Daerah

Bimtek Keuangan Daerah. Dalam rangka menjaga kesinambungan pembangunan daerah dan mendukung tercapainya pembangunan nasional maka pemerintah daerah perlu memastikan mempunyai pendapatan yang cukup dalam rangka membiayai berbagai belanja daerahnya, sumber-sumber pendapatan daerah ini dapat bersumber dari pemerintah pusat dalam bentuk transfer kedaerah dan dana desa serta hibah dan pinjaman. Dalam melakukan pembangunan daerah salah satu hal penting adalah sumber keuangan yang diperlukan, selain yang bersumber dari pusat juga dapat bersumber dari pendapatan asli daerah (PAD), dimana PAD ini mencerminkan kemampuan daerah dalam memenuhi kebutuhannya sendiri. Komponen PAD yang secara rata-rata yang mempunyai kontribusi paling besar adalah  dari pajak daerah dan retribusi daerah. Oleh karena itu peningkatan kemampuan dari aparatur pemerintah daerah sangat diperlukan guna merencanakan, melaksanakan, mengelola, menggali serta melaporkan kegiatan kegiatan yang terkait dengan optimalisasi peningkatan PAD khususnya pada bidang pajak daerah dan retribusi daerah. PAD selain dari pajak daerah dan retribusi daerah, juga dapat digali dari hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah. Selain terkait dengan pendapatan, pemerintah daerah seringkali juga menemui permasalahan dan kendala terkait dengan aset atau barang milik daerah.

Bimtek Keuangan Daerah

Pemerintah Daerah selain harus fokus dengan upaya peningkatan PAD nya, juga harus mempunyai perhatian yang lebih terhadap pengelolaan keuangan daerah dan manajemen aset daerah, hal ini dikarenakan pengelolaan keuangan dan aset daerah yang efektif, efisien, transparan serta akuntabel merupakan sebuah kewajiban sebagai penyelenggara pemerintahan guna mempertanggungjawabkan amanah rakyat. Pengelolaan keuangan dan aset daerah serta pendapatan daerah yang baik dan sesuai dengan ketentuan ini akan  sejalan dengan nawacita nasional pemerintah dalam pembangunan nasional, terkait hal tersebut maka pemerintah daerah juga harus mendukung cita-cita nasional tersebut dan mendorong serta berusaha pemerintah daerah dapat mandiri dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah maupun pendapatan daerahnya.

Peningkatan kemandirian keuangan daerah serta mengatasi berbagai kendala dan permasalahan yang ditemui oleh pemerintah daerah terkait dengan pengelolaan dan penggalian potensi pendapatan daerah serta aset daerah serta penerapan tata kelola pemerintahan yang baik.

Tata kelola pemerintahan yang baik melalui serta penerapan e-government, e-planning, e-budgetting dan e-procurement sudah seharusnya mulai menjadi perhatian yang serius bagi pemerintah daerah mengikuti perkembangan teknologi yang dapat mempermudah pengelolaan keuangan daerah.

Penyelenggara Bimtek Keuangan Daerah

Untuk memberikan memahaman tentang tata cara penyusunan anggaran, maka Pusat Diklat Teknis Aparatur Negara (PDTAN) merasa perlu mengadakan Bimbingan Teknis Keuangan Daerah, dengan menghadirkan Narasumber dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, LAN serta dari Universitas.

Kami juga menerima Request atau Permintaan Materi Bimtek, Jadwal/Tanggal maupun Tempat Penyelenggaraan Bimtek sesuai keingingan para peserta bimtek.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk acara bimbingan teknis, pendidikan dan pelatihan maupun sosialisasi program serta undang-undang pemerintah di Bidang Keuangan Daerah.

Atas perhatiannya PDTAN mengucapkan terimakasih.

Jadwal Bimtek Keuangan Daerah

BIMTEK KEUANGAN

JADWAL BIMTEK NASIONAL

 

[supsystic-price-table id=8]

TEMPAT PENYELENGGARAAN BIMTEK

N0  HOTEL KOTA
1 OASIS AMIR JAKARTA
2 IBIS TRANS STUDIO BANDUNG
3 EDEN KUTA BALI
4 ABADI JOGJA YOGYAKARTA
5 NAGOYA PLASA BATAM
6 GOLDEN PALACE LOMBOK
7 IBIS CITY CENTER MAKASSAR
8 TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
9 ARIA GAJAYANA MALANG

 

Informasi :

Konfirmasi /Pendaftaran dapat menghubungi Contact Person, 3 hari sebelum pelaksanaan pelatihan
Biaya Kontribusi untuk satu pelaksanaan Pelatihan sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Biaya yang tercantum sudah termasuk : penginapan selama 4 hari 3 malam, modul, tas, materi/makalah, FD materi, sertifikat dan konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung

Kami melayani permintaan kegiatan di luar daerah dengan waktu/tempat dan materi yang disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 7 orang peserta).

Konfirmasi Pendaftaran : 

  Tlp/Fax : (021) 837 111 05
📱  HP/WA :  Agus  :  0852 1556 1189
📱  HP/WA :  Lenny : 0812 1921 8581
   Email : pusat.diklat.teknis@gmail.com

Bimtek Pajak Pendapatan Asli Daerah Terbaru Tata cara penyusunan RPJMD RenstraBimtek Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran